Manfaat Jengkol

Jengkol atau jering (Archidendron pauciflorum) adalah tumbuhan suku polong-polongan dengan bentuk buah gepeng berwarna lembayung tua. Di dalam buahnya terdapat biji jengkol berwarna coklat mengilap dengan kulit ari tipis. Tumbuhan jengkol bagian inilah yang kemudian banyak dikonsumsi sebagai bahan pangan di berbagai negara seperti Malaysia, Thailand dan Indonesia. Walaupun populer, buah ini juga banyak tidak disukai karena dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, terutama pada urin.

Biji jengkol dapat dikonsumsi mentah-mentah ataupun diolah menjadi campuran pada berbagai masakan. Umumnya, jengkol diolah dengan cara disemur hingga bijinya menjadi lunak dan empuk. Biji jengkol juga dapat diolah menjadi keripik dengan cara ditumbuk hingga pipih, dikeringkan dan digoreng dengan minyak panas.

Manfaat :

Walaupun berbau tidak sedap, jengkol ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jengkol kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, B, dan C, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin dan saponin. Selain itu, jengkol juga mengandung zat besi seperti fosfor dan kalsium yang baik bagi penderita anemia. Jengkol juga dapat mencegah penyakit diabetes karena tumbuhan ini memiliki khasiat diuretik yang dapat membantu melancarkan pembuangan urin sehingga juga baik bagi penderita jantung koroner.

Yuk...!!! Sharing Dengan Saya Disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s