❀ Tips Merawat Kulit Wajah Berjerawat

Kulit wajah berjerawat berbeda dengan tipe kulit yang lain. Penderita jerawat umumnya memiliki kulit yang sensitif dan berminyak. Sehingga perawatannyapun harus lebih exstra.

Untuk merawat jerawat diwajah anda, simak tips berikut:

Cuci Wajah Teratur
Hal yang paling penting dalam merawat jerawat adalah mencuci wajah. Cuci muka anda anda minimal 2 kali sehari (pagi dan malam) dan setelah terkena debu.

Pilih Sabun PH Balance
Pencuci wajah dengan Ph seimbang (ph balance) merupakan pilihan terbaik untuk kulit berjerawat dan berminyak. Pilih pula sabun yang memiliki sedikit bahan kimia. Salahsatu yang saya rekomendasikan adalah facial wash dari Ward*h Kosmetik (sensor).

Pakai Sunblock
Matahari merupakan musuh penderita jerawat. Sebisa mungkin anda harus menghindari sengatan matahari langsung. Jika terpaska, gunakan tabir surya (sunblock) minimal SFP 15. Pilihan terbaik adalah merek PARASOL SFP 33 (bisa dibeli diapotek).

Pakai Obat Jerawat
Langkah ini paling penting untuk menghilangkan jerawat dari wajah anda. Pilihlah obat jerawat sesuai dengan tingkat keparahannya, seperti yang telah dijelasakan pada artikel “Obat Ampuh Untuk Jerawat”.

Stop Pemakaian Kosmetik
Selama pengobatan jerawat, penggunaan kosmetik lebih baik dihentikan. Karena dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga menimbulkan komedo dan jerawat.

Jangan Pencet Jerawat
Menyentuh dan memencet jerawat sangat tidak disarankan, karena dapat menimbulkan infeksi dan membuat parut luka bekas jerawat.

Selain tips diatas, olahraga dan istirahat yang cukup sangat penting untuk penderita jerawat.

#Memilih Obat Jerawat

Berbagai macam obat jerawat saat ini banyak beredar luas dipasaran. Dengan harga yang variatif, obat jerawat dalam bentuk kapsul minum dan cream wajah bisa anda dapat dengan mudah. Sehingga adakalanya sebagai konsumen malah dibuat bingung.

Selain menghabiskan biaya yang tidak sedikit, mencoba berbagai merk obat jerawat juga bisa beresiko terhadap kulit. Salah memilih obat malah bisa memperburuk kondisi jerawat anda.

Kenali jenis jerawat anda

Dalam dunia medis dikenal 3 tipe jerawat, yaitu “Acne Comedonal”, yang ditandai dengan adanya komedo terbuka atau tertutup, (jerawat ringan). “Acne Papulopustular”, yakni campuran antara komedo dan peradangan, (jerawat sedang). Dan “Acne Konglobata”, yakni ditandai dengan peradangan yang lebih berat (jerawat parah).

Setelah mengetahui tipe jerawat, kini saatnya anda memilih obat jerawat. Dari sekian banyak obat jerawat, saya rekomendasikan obat yang mengandung Benzoyl Peroxide dan Clindamycin. Karena kedua obat itu relatif efektif untuk pengobatan jerawat.

Obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide dan clindamycin cukup mudah ditemui. Merk yang umum digunakan adalah “Benzolac”. Benzolac merupakan obat untuk pemakaian luar (topikal) dan memiliki 3 varian, yakni Benzolac 2,5% (berisi benzoyl peroxide 2,5%), Benzolac 5%, dan Benzolac-CL (berisi benzoyl peroxide 5% dan Clindamycin).

Sementara Clindamycin lebih mudah lagi dijumpai karna merupakan jenis antibiotik oral yang banyak dipakai secara luas, diantara dengan merk Doxycyclin, clindamycin, dan Erythomycin.

Obat Jerawat Ringan
Pengobatan pada jerawat ringan atau Acne Comedocal relatif paling mudah. Jerawat jenis ini hanya memerlukan pengobatan dari luar (topikal) saja. Cukup oleskan obat yang mengandung Benzoyl Peroxide 2,5-5% (Benzolac) pada jerawat anda.

Obat Jerawat Sedang
Pengobatan pada Acne Populopustular menggunakan kombinasi antara Benzoyl Peroxide dan Clindamycin secara topikal. Pilihlah merk Benzolac-CL, karena telah mengandung kedua bahan tersebut.

Obat Jerawat Parah
Pengobatan pada Acne Konglobata relatif lebih sulit dan memerlukan waktu yang tidak singkat. Pada jerawat jenis ini harus dipadukan antara obat topikal dan obat oral. Pilihan terbaik adalah Benzolac-CL dan Doxycyclin. Dosis untuk Doxycyclin adalah 2x100mg sehari, selama 2-4 minggu.

Efek samping Doxycyclin diantaranya perih di lambung dan mual. Untuk itu, jika anda mempunyai riwayat penyakit maag,dapat memilih Clindamycin 2x150mg atau Erythromycin dosis rendah 500mg, diminum 3-4 kali sehari sesudah makan.

Yuk...!!! Sharing Dengan Saya Disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s